Cara Uninstall Avast Antivirus dan Secure Browser

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan proses menghapus software antivirus di komputer, mengetahui cara uninstall Avast menjadi hal yang penting, bahkan harus diketahui.

Meskipun dikenal sebagai antivirus terbaik dengan fitur-fitur gratis, Anda mungkin ingin menghapus Avast dan menggantinya dengan software lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi, tak jarang proses uninstall antivirus membutuhkan langkah-langkah khusus agar perangkat lunak tersebut terhapus dengan baik. 

Khusus untuk antivirus dan secure browser Avast, Anda bisa mencoba cara-cara yang akan dijelaskan berikut ini.

Mengenal Avast Antivirus dan Avast Secure Browser

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai cara uninstall Avast, ada baiknya Anda mengenal perangkat lunak ini agar tidak asal hapus.

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan asal Republik Ceko ini menawarkan dua fitur gratis, yaitu Avast Free Antivirus dan Avast Secure Browser.

Keduanya ditujukan sebagai proteksi tambahan bagi komputer Anda yang sebenarnya sudah mempunyai aplikasi keamanan bawaan dari sistem operasinya. 

Hanya saja, cara kerja Avast dapat membuat beberapa orang merasa terganggu.

Penyebabnya adalah software ini  sering mengintervensi aktivitas, menghapus file penting tanpa peringatan karena dianggap sebagai virus, dan sebagainya.

Jika Anda merasa membutuhkan proteksi tambahan dan tidak merasa terganggu dengan cara kerja tersebut, tidak ada salahnya untuk menunda proses uninstall perangkat lunak tersebut.

Akan tetapi, jika Anda merasa proteksi yang diberikan Windows Security sudah menjamin keamanan komputer dan tidak ingin terganggu dengan cara kerja Avast, melakukan uninstall software menjadi pilihan yang tepat.

Cara Uninstall Avast Antivirus di Perangkat Komputer Anda

Pada umumnya, Anda bisa menghapus sebuah program di komputer, termasuk Avast Antivirus, dengan cara membuka Control Panel–Programs–Uninstall a Program secara berurutan. 

Sayangnya, cara uninstall Avast ini tak jarang meninggalkan bekas di penyimpanan komputer Anda. 

Sering kali, berkas-berkas yang sudah tidak terpakai lagi tidak ikut terhapus dengan program tersebut.

Untuk memastikan seluruh berkas Avast Antivirus terhapus dari komputer Anda dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, cobalah trik-trik berikut ini. 

1. Cara Menghapus Avast dengan Program Uninstall Utility

Salah satu cara paling sederhana untuk menghapus Avast secara menyeluruh dari perangkat Anda adalah dengan memanfaatkan program uninstall utility buatan mereka sendiri.

Untuk mencoba cara uninstall Avast yang pertama ini, Anda perlu mengunduh Avast Uninstall Utility terlebih dahulu dari situs resminya.

Pastikan Anda hanya mengunduh program tersebut di situs resmi Avast untuk memastikan bahwa software yang dipasang ke komputer nantinya benar-benar aman.

Setelah berhasil terunduh, buka folder “Download”, lalu klik kanan pada file Avast Uninstall Utility tersebut. Kemudian, pilih “Run as Administrator”.

Selanjutnya, Avast Uninstall Utility akan menyarankan Anda untuk menjalankan proses uninstall melalui “Safe Mode”. 

Klik “Yes” untuk menyetujui hal tersebut pada dialog yang muncul di layar.

Jangan lupa untuk menyimpan semua pekerjaan yang sedang dilakukan terlebih dahulu dan menutup aplikasi-aplikasi yang masih terbuka. 

Hal ini penting karena Anda perlu melakukan restart sebelum bisa masuk ke Safe Mode.

Apabila Anda sudah berhasil masuk ke Safe Mode, tampilan Avast Uninstall Utility akan langsung muncul. 

Pastikan lokasi program Avast Antivirus atau Avast Secure Browser yang ditampilkan di layar sesuai dengan yang sebenarnya. 

Jika sudah tepat, klik tombol hijau di bagian bawah layar yang bertuliskan “Uninstall”.

Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi bahwa program yang Anda pilih telah sukses terhapus. 

Selanjutnya, restart komputer Anda untuk menyelesaikan cara uninstall Avast ini.

2. Uninstall Avast dengan Software Uninstall Pihak Ketiga

Selain program Uninstall Utility yang disediakan oleh Avast, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus antivirus tersebut.

Menariknya, program-program uninstaller pihak ketiga ini kebanyakan dapat membantu Anda untuk menghapus suatu aplikasi secara menyeluruh.

Dengan kata lain, Anda tidak perlu khawatir ada file, registry, atau folder sampah yang masih tersisa bahkan setelah proses uninstall Avast dengan cara biasa.

Berikut adalah beberapa program uninstaller yang bisa Anda coba sebagai alternatif trik uninstall Avast di Windows 7 atau versi lainnya. 

• Revo Uninstaller

Untuk menghapus Avast secara menyeluruh dari komputer, Anda perlu mencoba Revo Uninstaller yang bisa dengan mudah diunduh di situs resminya.

Software ini akan bekerja dengan cara menghapus Avast Antivirus menggunakan uninstaller bawaan program terlebih dahulu.

Selanjutnya, software tersebut akan memindai folder, registry, atau file yang tidak digunakan terkait aplikasi tersebut.

Anda juga bisa memanfaatkan fitur “Force Uninstall” untuk menghapus program antivirus yang membandel di komputer. 

Gunakan menu “Evidence Remover” untuk menghilangkan seluruh file, registry, dan folder sampah di komputer Anda. 

Revo Uninstaller juga memungkinkan Anda untuk menghapus lebih dari satu aplikasi dalam satu waktu. 

• CCleaner

Cara uninstall Avast juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi CCleaner. Software pihak ketiga ini cukup populer dan mungkin saja sudah terpasang di komputer Anda saat ini.

Jika belum, Anda bisa mengunduh CCleaner terlebih dahulu di situs resminya, kemudian pasang dan buka aplikasinya untuk menghapus Avast Antivirus.

Setelah masuk ke halaman aplikasi CCleaner, klik menu “Tools”, lalu cari Avast Antivirus dalam daftar program yang ditampilkan.

Klik tombol “Uninstall” di kanan layar. Selanjutnya, akan muncul dialog apakah Anda yakin dengan keputusan uninstall tersebut, pilih “Yes”.

Tunggu beberapa saat hingga proses uninstall selesai. Konfirmasi untuk melakukan restart komputer guna penyesuaian setelah menghapus Avast Antivirus.

3. Menghapus Avast Secara Menyeluruh Tanpa Aplikasi

Jika Anda memilih cara uninstall Avast tanpa aplikasi, langkah yang paling sederhana tentu adalah dengan membuka Control Panel sebagaimana sudah dijelaskan di atas.

Akan tetapi, untuk memastikan seluruh file dan registry terkait Avast Antivirus dapat terhapus dengan sempurna setelah proses uninstall, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut.

Pertama, buka aplikasi Avast di komputer Anda terlebih dahulu, kemudian klik “Menu” pada pojok kanan atas.

Kedua, pilih “Setting” yang berada di barisan kedua dari menu Avast Antivirus. Setelah itu, klik “Troubleshooting” pada tab “General”.

Selanjutnya, cari pilihan “Enable Self-Defense” dan hilangkan centang hijau yang ada di kotak kecil di sebelahnya untuk menonaktifkan fitur tersebut. 

Apabila muncul dialog peringatan, pilih “Ok, Disable”, lalu tutup aplikasi. Lanjutkan cara uninstall Avast ini dengan menggunakan Control Panel seperti biasa.

Cara Menghapus Avast Secure Browser di Komputer Anda

Selain cara menghapus antivirus Avast, Anda sebaiknya juga tahu bagaimana trik uninstall Avast Secure Browser di perangkat komputer. 

Browser tersebut bisa jadi terpasang ke komputer secara otomatis pada saat Anda meng-install antivirus Avast. 

Jika tidak diperlukan, lebih baik Anda menghapusnya juga untuk menghemat ruang penyimpanan.

Untuk menghapusnya, Anda bisa membuka Control Panel, kemudian klik “Uninstall a Program” yang ada di bawah menu “Programs”.

Pada kotak dialog yang terbuka, cari dan klik kanan pada “Avast Secure Browser”. Selanjutnya, klik “Uninstall” untuk menghapus program tersebut. 

Jika ingin menghapusnya secara menyeluruh, Anda bisa mencoba cara-cara yang sama seperti di atas untuk meng-uninstall Avast Secure Browser ini.

Itulah beberapa cara uninstall Avast Antivirus baik dengan maupun tanpa aplikasi. Anda bisa mencobanya di komputer sesuai preferensi. Semoga berhasil!