Cara Mengatasi Limit Google Drive Tanpa Masalah

Anda belum tahu bagaimana cara mengatasi limit Google Drive? Pengetahuan mengenai hal ini akan sangat membantu ketika Anda harus berbagi file unduhan di penyimpanan awan tersebut.

Google Drive sendiri merupakan salah satu sistem penyimpanan awan yang sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna komputer dan ponsel pintar saat ini. 

Sistem penyimpanan tersebut sering kali dimanfaatkan banyak orang untuk berbagi berkas yang bisa diunduh dengan bebas oleh orang yang diizinkan untuk melakukannya.

Meskipun begitu, tidak dapat dimungkiri bahwa ada batasan-batasan tertentu yang dapat Anda temukan selama menggunakan salah satu layanan dari Google tersebut.

Cara Mengatasi Limit Google Drive dengan Mudah


Salah satu batasan yang ada pada layanan Google Drive adalah kuota tertentu untuk mengunduh suatu file dalam satu waktu. 

Pada saat Anda ingin mengunduh sebuah file di Google Drive dan batas limit unduhnya sudah tercapai, Anda tidak bisa lagi melakukan download.

Biasanya, Anda akan melihat peringatan dari Google yang menyebutkan bahwa file tersebut telah diunduh oleh terlalu banyak pengguna akhir-akhir ini.

Lalu, bagaimana jika masalah ini terjadi ketika Anda benar-benar sedang membutuhkan file yang tersimpan di Google Drive tersebut? 

Yuk, simak cara mengatasi limit Google Drive di bawah ini!

1. Mengatasi Limit Google Drive dengan Ganti URL

Ini merupakan salah satu cara mengatasi limit Google Drive yang paling mudah karena bisa dilakukan dengan mengganti URL saja.

Solusi dengan mengganti URL ini sebenarnya ada dua cara. Keduanya secara umum dilakukan untuk memuat kembali halaman hasil unduhan Google Drive ke halaman view berkas. 

Dengan begitu, Anda bisa menyalin file yang sudah terkena limit tersebut ke akun Drive sendiri.

Cara yang pertama, buka link Google Drive untuk mengunduh file yang Anda inginkan tersebut. 

Kemudian, perhatikan URL-nya, terutama pada bagian “uc?id=” dan “&export=download” yang mengapit ID (biasanya berupa rangkaian karakter huruf dan angka) dari file tersebut.

Selanjutnya, ganti bagian “uc?id=” dengan “file/d/”, sedangkan bagian “&export=download” bisa Anda hapus, lalu ubah dengan “view”. 

Kemudian, tekan tombol “Enter” di papan tik untuk menampilkan file yang ingin diunduh.

Alternatif dari cara mengatasi limit Google Drive di atas adalah dengan mengubah bagian “uc” pada URL tersebut dengan “Open”.

Setelah bagian tersebut diganti, tekan tombol “Enter” dan Anda pun sudah bisa mengakses halaman file Google Drive yang telah mencapai batas.

2. Mengatasi Limit Google Drive dengan Menyalin File

Pada cara pertama di atas, Anda telah berhasil mengakses halaman file yang tersimpan di Google Drive. Setelah itu, Anda bisa menyalinnya agar dapat disimpan ke perangkat.

Caranya, klik logo Google Drive dengan tanda “+” yang ada di kanan atas layar kerja Anda, lalu tunggu sampai file tersebut berhasil ditambahkan.

Jika proses ini selesai, akan muncul dialog bertuliskan “Added to My Drive”. Di sini, pastikan Anda telah masuk ke akun Google terlebih dahulu.

File yang baru saja ditambahkan pun akan terlihat di bagian kanan atas Google Drive Anda. Pada berkas dimaksud, klik kanan dan pilih “Make a copy” untuk menyalin.

Tanpa harus menunggu lama, file berhasil tersalin dengan baik. Berikutnya, tekan klik kanan pada file tersebut, lalu pilih opsi “Download” untuk mengunduhnya.

Jika Anda mengalami masalah saat mencoba cara mengatasi limit Google Drive yang satu ini, misalnya muncul pesan “Failed to create file”, kemungkinan kapasitas penyimpanan yang dimiliki sudah penuh.

Untuk mengatasi masalah tidak bisa membuat salinan di Google Drive, Anda bisa melakukan cara berikut. 

Hapus terlebih dahulu beberapa file yang ada di akun tersebut sehingga penyimpanannya mencukupi untuk menyalin berkas lainnya.

Pada file yang hendak dihapus, tekan klik kanan dan pilih “Remove” untuk melanjutkan. Apabila cara tersebut dirasa terlalu sulit, Anda bisa mencoba cara lain seperti dijelaskan di bawah ini.

3. Mengatasi Limit Google Drive dengan AceFile

Cara mengatasi kuota terlampaui di Google Drive juga bisa dilakukan dengan menggunakan AceFile. 

Pertama-tama, salin URL link file Google Drive yang hendak diunduh. Kemudian, buka situs Acefile.co atau langsung saja masuk ke tautan berikut: https://acefile.co/upload/remote

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman utama AceFile. Pilih tombol tiga garis yang ada di sisi kanan atas layar untuk masuk atau mendaftar.

Pilih “Login” dan Anda akan dialihkan ke halaman masuk dengan Google. Klik pada akun yang akan digunakan, lalu lanjutkan. 

Untuk cara mengatasi limit Google Drive dengan AceFile, Anda perlu memberikan izin agar situs tersebut dapat mengakses akun Anda. Pilih “Izinkan”.

Setelah kembali ke halaman AceFile, pilih menu “Upload Link”, lalu masukkan tautan file Google Drive yang ingin Anda unduh dan selanjutnya, klik “Upload”.

Kemudian, AceFile akan menampilkan link unduhan baru di bagian “Download Link”. Buka pintasan tersebut untuk mengunduh file yang dibutuhkan. 

4. Mengatasi Limit Google Drive dengan Bypass Sedotin

Selain cara-cara di atas, istilah bypass menjadi metode lain yang cukup populer untuk mengatasi masalah limit pengunduhan pada Google Drive.

Salah satu situs bypass yang bisa Anda coba adalah Sedotin. Selain menjadi platform untuk berbagi file secara daring, situs tersebut juga dapat membantu mengatasi batas pengunduhan Google Drive. 

Kunjungi situs Sedot.in untun mencoba cara mengatasi limit Google Drive ini. Masuk dengan menggunakan akun Anda, lalu tunggu sampai dialihkan ke halaman member secara otomatis.

Selanjutnya, pilih menu “Google Drive Sharer” dan tempelkan tautan file yang sudah terkenal limit. Anda bisa menempelkan paling banyak 10 tautan di bagian tersebut.

Klik tombol “Save” dan tunggu prosesnya sampai muncul link baru. Klik pada tautan baru tersebut untuk menuju ke halaman pengunduhan. 

Anda harus memastikan masih tersedia ruang yang cukup pada akun Google Drive untuk mencoba metode ini. Dengan begitu, file yang akan diunduh pun dapat ditampung dengan sempurna.

5. Mengatasi Limit Google Drive dengan Direct Link Generator

Anda tidak boleh melupakan Google Drive limit generator jika mengalami masalah gagal unduh karena batas harian telah tercapai.

Cara mengatasi limit Google Drive yang satu ini cukup sederhana dan cepat. Anda hanya perlu mengunjungi situs link generator dan mendapatkan tautan yang lebih fresh di sana.

Buka https://sites.google.com/site/gdocs2direct/home di browser Anda, lalu masukkan link unduhan Google Drive ke kolom di bawah tulisan “Enter your sharing URL”.

Kemudian, klik opsi “Create Direct Link” dan tunggu sampai muncul tautan baru di kolom “Output Link”.

Setelah itu, Anda pun bisa membuka tautan baru tersebut dan langsung mengunduh file yang sebelumnya terkena limit melalui laman Google Drive.

Kesimpulan Cara Mengatasi Limit Google Drive

Sebenarnya, masih ada banyak cara lain di luar yang sudah didiskusikan di atas. Akan tetapi, trik-trik di atas sudah cukup untuk mengatasi masalah limit Google Drive yang sedang Anda alami.

Bahkan beberapa cara mengatasi limit Google Drive di atas sangat memudahkan Anda karena hanya membutuhkan kemampuan salin dan tempel saja. 

Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi ketika menemukan file yang akan diunduh telah mencapai batas download.