Cara Membuat File PDF Tanpa Ribet untuk Pemula

Ada cukup banyak cara membuat file PDF dengan cepat dan tentu saja mudah. Anda bahkan bisa memilih untuk melakukannya baik secara daring maupun luring. 

Membuat file PDF juga dapat dilakukan melalui komputer ataupun ponsel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan perangkat. 

Pada pembahasan kali ini, Anda bisa menemukan beberapa trik membuat file PDF atau melakukan konversi dari format lain ke bentuk file ini.

1. Cara Membuat File PDF dengan Microsoft Word

Salah satu cara paling mudah untuk membuat file PDF adalah dengan memanfaatkan fitur penyimpanan yang ditawarkan oleh Microsoft Word. 

Anda bisa mengetik dokumen seperti biasa terlebih dahulu di Word atau membuka file yang sudah dibuat sebelumnya.

Selanjutnya, simpan file tersebut ke dalam bentuk PDF dalam beberapa klik saja.

Caranya adalah cukup dengan mengeklik tombol “Office” atau “File” pada jendela Word sebelah atas, kemudian pilih “Save As”.

Pada menu “Save As” tersebut, Anda bisa melihat beberapa jenis tipe file  yang dapat dipilh. 

Pilih “PDF” untuk membuat salinan file dengan bentuk PDF dari dokumen yang sedang aktif tersebut.

Selanjutnya pilih lokasi penyimpanan, lalu klik “Save”. Biasanya, hasil file PDF akan otomatis terbuka setelahnya sehingga Anda bisa langsung mengeceknya. Selesai.

2. Cara Membuat File PDF di Android

Jika Anda pengguna ponsel Android dan saat ini tidak memiliki akses ke komputer, gunakan perangkat tersebut untuk membuat file PDF dengan mudah.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi WPS Office untuk membuat file PDF di ponsel tanpa harus terhubung dengan internet. 

Pertama-tama, buka aplikasi WPS Office di ponsel Anda, kemudian pilih tanda “+” untuk membuat file baru. 

Pada layar ponsel, akan tampil beberapa jenis file yang bisa Anda buat dengan WPS Office. Pilih “PDF” untuk melanjutkan.

Jika Anda sudah memiliki file berbentuk dokumen untuk dijadikan PDF, pilih “Document to PDF”. Kemudian, cari file yang dimaksud, lalu ketuk untuk memilihnya.

Selanjutnya, ketuk “Export to PDF” jika sudah tidak ada perubahan yang ingin ditambahkan pada dokumen tersebut.

Pilih lokasi penyimpanan, ubah nama file jika diperlukan, lalu ketuk “Export to PDF” untuk menyelesaikan proses.

Selain menyimpan dokumen ke PDF, aplikasi WPS Office juga memungkinkan Anda untuk mengubah koleksi file foto ke dalam bentuk PDF. 

Membuat file PDF juga bisa Anda lakukan langsung dari lembar kerja kosong. Akan tetapi, cara ini cukup ribet, apalagi apabila Anda sudah terbiasa mengetik dengan mudah di Word.

3. Trik Membuat File PDF di iPhone Tanpa Ribet

Cara membuat file PDF di iPhone juga tidak kalah mudah dari ponsel berbasis Android. 

Anda juga bisa menggunakan WPS Office dan mengikuti langkah-langkah yang tidak berbeda sebagaimana diuraikan di atas.

Apabila tidak ingin mengunduh WPS Office terlebih dahulu, Anda bisa mencoba membuat file PDF di iPhone dengan trik berikut ini.

Pertama, buka gambar atau dokumen yang hendak Anda ubah ke dalam format PDF. Kemudian, ketuk ikon “Share” yang ada di kiri bawah layar.

Selanjutnya, pilih opsi “Print”. Pada tahap ini, file yang Anda buka tadi sudah otomatis berubah ke format PDF. 

Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada file tersebut dengan menggunakan fitur “Zoom in”. Jika sudah, ketuk opsi “Share” yang ada di pojok kanan atas.

Setelah itu, Anda bisa menyimpan atau mengirim file PDF tersebut sesuai kebutuhan. Sangat mudah, bukan, cara membuat file PDF di perangkat iPhone?

4. Trik Membuat File PDF Tanpa Aplikasi

Cara membuat file PDF tanpa aplikasi sangat cocok untuk Anda yang tidak mau ribet karena harus memasang WPS Office atau pilihan perangkat lunak lainnya terlebih dahulu.

Untungnya, saat ini ada cukup banyak layanan konversi file ke PDF berbasis web sehingga Anda tidak perlu memasang aplikasi terlebih dahulu ke komputer atau ponsel. 

Beberapa di antaranya adalah dengan menggunakan fitur konversi file yang ditawarkan oleh ILovePDF dan Free PDF Convert.

• Membuat File PDF dengan ILovePDF

Selain dapat membuat file berformat PDF, ILovePDF juga memungkinkan Anda untuk menggabungkan, memecah, dan meringkas file-file tersebut jika dibutuhkan.

Untuk mencoba cara membuat file PDF ini, Anda bisa mengakses layanan ILovePDF di tautan berikut ini: https://www.ilovepdf.com/

Pilih menu “Word to PDF” pada halaman utama situs tersebut.

Kemudian, klik “Select WORD files” untuk memilih dokumen yang ingin Anda buat menjadi PDF. Pilih file yang diinginkan, lalu klik “Open”.

Selanjutnya, klik “Convert to PDF” pada halaman pratinjau dan file PDF Anda pun siap untuk diunduh ke komputer.

Selain dari dokumen berformat DOC atau DOCX, Anda juga bisa membuat file PDF dari PPT, EXCEL, dan JPG dengan menggunakan situs ILovePDF tersebut.

• Membuat File PDF dengan Freepdfconvert.com

Situs lain yang bisa Anda coba untuk membuat file PDF tanpa aplikasi adalah Freepdfconvert.com. 

Sama halnya dengan ILovePDF, trik ini juga tidak akan menyita banyak waktu.

Buka https://www.freepdfconvert.com/id di aplikasi browser Anda untuk mencoba cara membuat file PDF dalam Bahasa Indonesia di situs tersebut.

Setelah itu, klik “Pilih File” untuk mengunggah dokumen yang ingin Anda konversi ke format PDF. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunggahan selesai, kemudian pilih “Unduh”.

Anda juga bisa menggabungkan beberapa dokumen sekaligus untuk dijadikan dalam satu file PDF. Klik tombol “+” untuk menambahkan berkas yang ingin digabungkan.

Selain mengunduh file PDF langsung ke komputer, situs ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan hasilnya ke Google Drive atau Dropbox.

5. Cara Membuat File PDF di Google Drive

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Google untuk membuat file PDF. Cara ini cocok untuk Anda yang sebelumnya telah menyimpan dokumen di Google Drive.

Buka akun Google Drive Anda terlebih dahulu, kemudian cari dan klik dokumen yang akan dibuat menjadi PDF. 

Selanjutnya, Anda akan dialihkan ke halaman Google Docs yang memiliki tampilan kurang lebih seperti Microsoft Word. 

Di sini, Anda bisa menyunting terlebih dahulu dokumen yang dipilih sebelum membuatnya menjadi PDF. 

Jika sudah, pilih menu “File”, lalu arahkan kursor Anda ke opsi “Download”. Akan muncul pilihan jenis file yang dapat Anda unduh dari Google Docs tersebut.

Cukup pilih “Dokumen PDF (.pdf)” dan dokumen Anda akan secara otomatis terunduh dalam bentuk PDF.

Cara membuat file PDF yang satu ini juga dapat Anda coba di ponsel Android dengan langkah-langkah yang tidak jauh berbeda.

Akan tetapi, Anda harus terlebih dahulu mengunduh dan memasang Google Docs di ponsel untuk memudahkan prosesnya. 

Apabila sudah terpasang, cari dokumen yang ingin Anda jadikan PDF di Google Drive, lalu ketuk pada tiga titik yang ada di sebelah nama file. 

Setelah menunya terbuka, pilih “Open with” untuk membuka dokumen tersebut di Google Docs. 

Untuk menyimpannya menjadi file PDF, ketuk “Share & Export – Save as – PDF” secara berurutan.

Itulah beberapa cara membuat file PDF yang bisa Anda coba ketika membutuhkannya. 

Dengan menggunakan format ini, dokumen pun akan lebih mudah dikirim dan dicetak di perangkat apa pun tanpa takut susunannya berubah. Selamat mencoba!